Pemkab Kobar Disarankan Ajukan Bantuan ke Pemerintah Pusat untuk Benahi Sport Center

  • Oleh Andreansyah
  • 19 April 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Demi mempercepat pembangunan fasilitas olahraga di kawasan Sport Center, Pangkalan Bun, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diminta bergerak cepat.

Salah satunya dengan mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat. Mengingat pembenahan fasilitas Sport Center membutuhkan dana hingga ratusan miliar rupiah. 

Wakil Ketua II DPRD Kobar Mulyadin mengatakan, untuk membenahi fasilitas Sport Center membutuhkan dana yang sangat besar. Jika pembangunan Sport Center hanya mengandalkan APBD Kobar, sangat tidak memungkinkan. 

"Kami sangat mendukung rencana pembangunan Sport Center sebagai penunjang sarana dan prasarana olahraga di Kobar. Kami mendorong agar pemkab mengajukan proposal ke Kementerian Pemuda dan Olahraga agar diberikan bantuan," kata Mulyadin, Jumat (19/4/2019).

Hal ini, lanjut dia, diperlukan mengingat Kobar bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah pada 2022. Sehingga jangan sampai karena belum siapnya fasilitas olahraga, status itu kemudian dibatalkan.

Untuk itu, kata Mulyadin, Pemerintah Kabupaten Kobar bisa mengajukan bantuan biaya ke pemerintah pusat melalui DPR RI serta Kementerian Pemuda dan olahraga.

"Saat ini pemerintah pusat tengah gencar melengkapi sarana dan prasarana olahraga di daerah. Apalagi Kalimantan Tengah pernah mengukir prestasi di Sea Games. Jadi Kalimantan Tengah, khususnya Kobar, sangat membutuhkan kelengkapan fasilitas olahraga sebagai wadah pembinaan atlit. Pemerintah pusat tentunya akan membantu untuk itu asalkan ada pengajuan proposal," ujar politisi PDIP ini.

Ia menambahkan, yang dibutuhkan saat ini, Pemkab kobar menyampaikan berkas permohonan dibarengi dengan konsep dan perencanaan pembangunan yang matang. Terutama dilampirkan juga status lahan Sport Center. 

"Gaung pemerintah pusat yakni mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatan olahraga. Untuk mewujudkan itu perlu kelengkapan sarana dan prasarana. Kami dukung Pemkab kobar untuk meningkatkan fasilitas Sport Center. Karena, hal itu sangat berguna. Bukan saja sebagai persiapan tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah, melainkan juga sebagai wadah pembinaan para remaja yang memiliki bakat olahraga," ujarnya. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru