Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pesona Punggu Alas, Gerbang Utama Menuju Paru-Paru Dunia

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 20 April 2019 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Berbicara tentang keindahan alam dan pengembangan konservasi, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) selalu menjadi perbincangan menarik.

Bahkan, Komite Perdamaian Dunia tidak ragu menjadikan Kalteng sebagai Ibu Kota Paru-Paru Dunia karena keunikan hutan dan satwa langka yang masih terjaga dengan lestari.

Untuk menuju Paru-Paru Dunia ini, provinsi Kalteng juga dianugerahi oleh gerbang utama dan memanjakan mata wisatawan yang disebut pesona Punggu Alas.

Punggu Alas yang terletak di Desa Karuing, Kabupaten Katingan memiliki potensi besar menjadi salah satu tempat wisata karena keunikan dan potensi yang hanya memerlukan sedikit polesan dan perhatian pemerintah.

"Desa ini memang menarik karena berada di bantaran sungai dan memamerkan hutan yang masih sangat virgin serta satwa langka yang tergolong terancam kepunahan," ujar warga Desa Karuing, Raya Sadionor, Sabtu (20/4/2019).

Selain memanjakan wisatawan dengan letak geografisnya yang sangat unik, Punggu Alas juga dianugrahi dengan budaya yang sangat kental, seperti rutin menggelar silat Kuntao Bangkui yang menjadi ciri khas masyarakat Dayak.

"Dengan bantuan pemerintah, Punggu Alas rutin didatangi wisatawan mancanegara setiap tahunnya, terakhir beberapa hari lalu kita kedatangan turis dari negara Jepang," imbuh dia.

Mewakili masyarakat desa Karuing, Raya meminta agar potensi Punggu Alas bisa dimaksimalkan oleh pemerintah setempat, provinsi serta legislatif.

"Kami siap menjadikan gerbang utama Ibu Kota Paru-Paru Dunia ini sebagai media Bali ke-11," singkatnya. (GAZALI/m)

Berita Terbaru