Kebakaran Hanguskan Gedung Sarang Walet Empat Lantai di Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 20 April 2019 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kebakaran menghanguskan gedung sarang walet empat lantai di gang Hikmah Baru, Kelurahan Jingah atau Kampung Kadap, Barito Utara, Sabtu (20/4/2019) malam. 

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB itu menggegerkan warga setempat. Apalagi, posisi gedung walet yang disebutkan milik Budiman itu, berada di tengah permukiman warga.

Ketua RT 09, Kusmayadi mengatakan sempat terdengar suara letupan dari gedung walet. Diduga letupan itu terjadi lantaran korsleting listrik.

"Saya dan warga sekitar mendengar bunyi letupan yang dikira orang berkelahi. Setelah dicek, ternyata berasal dari atap sarang burung walet," katanya.

Dia pun meminta warga untuk menghubungi pemadam kebakaran. Api dengan cepat membesar karena bangunan berkonstruksi kayu.

Dia menjelaskan, gedung sarang burung walet tersebut merupakan bangunan lama. Namun baru dua hari alat suara walet dibunyikan.

Sementara, Kepala BPBD Barito Utara melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Rizali Hadi mengatakan, pihaknya menerima laporan warga sekitar pukul 20.10 WIB.

"Saat kami datang api sudah membakar sekitar dua pertiga bangunan," kata dia.

BPBD kemudian menerjunkan dua unit mobil tangki untuk membantu proses pemadaman. Juga diturunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran serta satu unit mobil resque.

"Api dapat dipadamkan sekitar 30 menit setelah kejadian. Dan tidak sempat menyebar ke rumah di sekitar bangunan," jelasnya seraya mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru