Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejaksaan Negeri Barito Timur Turut Memantau Rekapitulasi Perhitungan Suara

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 20 April 2019 - 22:52 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kejaksaan Negeri Barito Timur turut memantau proses rekapitulasi perhitungan suara Pemilu (Pemilu) 2019 tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Barti, Arief Zein, mengatakan, pemantauan itu berdasarkan instruksi Kepala Kejari, dalam rangka peran serat kejaksaan menyukseskan Pemilu 2019.

"Seluruh jajaran melakukan pengawalan dan pemantauan pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan," kata Arief, Sabtu (20/4/2019).

Menurut Arief, kejaksaan sudah melakukan pemantauan sejak tahap awal penyelenggaraan pemilu, yakni dengan dibentuknya Posko Pemantauan Pemilu Serentak 2019.

Salah satu tugasnya, antara lain melakukan pengumpulan data dan informasi terkait pelaksanaan pemilu.

Khusus pada tahap pemungutan dan perhitungan suara, pemantauan dilakukan dalam rangka mengantisipasi kerawanan terkait dinamika sosial politik di masyarakat, serta permasalahan hukum yang mungkin terjadi pada tahapan tersebut.

"Kita juga melakukan koordinasi dengan stakeholder yang ada baik dalam Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pemilu, Bawaslu dan KPU. Pemantauan ini dilakukan juga sebagai dukungan pada personel kita (jaksa) yang ditugaskan di Sentra Gakkumdu," pungkasnya. (PRASOJO/B-11)

Berita Terbaru