Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alat Berat Dinas Pertanian Diduga Sebabkan Kerusakan Jalan Desa Terusan di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 April 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Alat berat jonder Dinas Pertanian Kapuas diduga menjadi penyebab kerusakan jalan di tiga desa, yakni Terusan Mulya, Terusan Makmur, dan Terusan Karya, Kecamatan Bataguh.

Terkait itu, Ketua Komisi III DPRD Kapuas, Kunanto menyarankan agar alat berat atau jonder Dinas Pertanian itu ditarik.

Jonder milik Dinas Pertanian disebutkan digunakan melintasi ruas-ruas jalan tersebut. 

"Jonder itu menghancurkan jalan dan digunakan tidak sesuai fungsinya. Lebih baik diambil kembali oleh Dinas Pertanian Kapuas," kata Kunanto, Senin (22/4/2019).

Jalan tersebut semula dapat dilalui dengan baik oleh masyarakat, namun kini kondisinya rusak. Padahal jalan tersebut akses utama. Dan kerusakan tak diperbaiki.

Dia menjelaskan, jonder membawa hasil pertanian melalui jalan negara, sehingga rusak dan dikeluhkan. Selain itu, karena lahan-lahan pertanian di Desa Terusan tidak bisa digarap pakai mesin jonder.

"Maka dari itu lebih baik ditarik ke dinas daripada buat angkutan padi dampakya menghancurkan jalan. Ini merupakan keluhan masyarakat tiga desa tersebut, Terusan Makmur, Terusan Karya dan Terusan Mulya," kata dia.

Terlebih lagi, menurut Kunanto, fungsi dari jonder tidak efektif untuk lahan pertanian wilayah terusan. Karena kondisi lahan kurang memungkinkan dan justru dimanfaatkan untuk hal tidak semestinya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru