Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air Sungai Katingan Kembali Pasang 

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 April 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Debit air Sungai Katingan di Kabupaten Katingan kembali pasang. Namun meski pasang, air sungai belum meluap ke permukaan.

Dari pantauan borneonews.co.id Senin (22/4/2019) di Sungai Katingan sekitar Jembatan Sei Katingan menunjukan bahwa debit air sungai yang memiliki panjang lebih dari 600 kilo meter itu sudah hampir menyentuh bibir sungai.

Puluhan keramba ikan milik warga di tempat ini juga ikut mengikuti kondisi air yang makin naik dari sebelumnya.

Sejumlah warga Kasongan terutama yang bermukim di bantaran Sungai Katingan mengaku khawatir kalau curah hujan dalam beberapa hari ke depan akan masih tinggi.

Sebab, jika curah hujan terus meninggi dikhawatirkan air Sungai Katingan bakal meluap ke permukaan. Akibatnya, air luapan sungai ini bakal membanjiri permukiman warga, terutama yang tidak jauh dari sungai.

"Ya mudah-mudahan saja meski hujan sering terjadi Sungai Katingan ini tidak meluap. Tapi sebelum-sebelumnya kalau hujan terus-terusan mengguyur terutama bagian hulu  maka sungai ini meluap," kata Kadi, warga Kasongan yang tinggal tak jauh dari Sungai Katingan.

Sementara menurut Husni, pemilik/petani keramba di Kasongan mengaku kondisi air Sungai Katingan saat ini keruh.

"Mulai sungai pasang kondisi air jadi keruh, sehingga kita khawatir dengan benih ikan yang belum genap umur dua bulan," ujarnya. 

Biasanya, kata Husni, saat kondisi air berubah dari surut menjadi pasang dan keruh, sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan keramba ikannya, terutama ikan yang masih kecil.

Pasalnya, ikan yang masih kecil rentan terhadap kondisi air yang keruh. "Pokoknya kalau kondisi air pasang, airnya itu terlihat lebih keruh dari sebelumnya yang memang sudah keruh, jadi ini sangat mempengaruhi terhadap ikan keramba kami," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru