Jangan Terpaku dengan Satu Sektor PAD Semata

  • Oleh Naco
  • 22 April 2019 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sumber pendapatan asli daerah harus dimaksimalkan. Jangan sampai, pemerintah hanya terpaku dengan satu sektor PAD semata. Hal itu penting demi kemajuan daerah.

"Kami melihat dari komposisi APBD Kotim, besaran pendapatan jauh tertinggal dari kebutuhan belanja," kata anggota Komisi I DPRD Kotim, Syahbana, Senin (22/4/2019)

Menurut Syahbana, SOPD diharapkan lebih kreatif dalam menggali pendapatan asli daerah (PAD). Jangan terpaku pada satu sektor saja.

Dia menyarankan, SOPD bisa menggarap semua peluang. Bahkan, wacana adanya BUMD perkebunan jadi sumber dan objek PAD itu bisa diandalkan.

Syahbana juga mengharapkan ada solusi penarikan PAD dari objek yang masih tidak patuh terhadap kesadaran tersebut.

"Siapa pun yang enggan bayar untuk daerah itu supaya bisa mengerti. Kalau perlu jangan dilayani, kalau memang tidak peduli dengan daerah ini, terutama yang berkaitan dengan kepentingannya," tegasnya.

Dia juga meminta pemkab untuk melakukan evaluasi capaian target perolehan PAD di setiap SOPD setiap akhir tahun. Sehingga, dapat diketahui kendala yang dihadapi SOPD.

"Pemkab juga harus bisa memberikan dan mencarikan solusi alternatif atas kendala yang dihadapi SOPD.  Tujuan dari evaluasi tersebut agar dalam menetapkan target perolehan PAD sesuai dengan sektor yang ditanganinya," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru