Curah Hujan Tinggi Sebabkan Ruas Jalan Tumbang Samba - Pundu Sempat Putus

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 April 2019 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gara-gara curah hujan sejak beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Katingan tinggi menyebabkan ruas jalan antara Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah menuju Pundu, Kabupaten Kotim sempat terputus.

Dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id ruas jalan yang putus karena tergerus arus air hujan ini terjadi di Km8 antara Tumbang Samba menuju Km30 yang menghubungkan Desa Pundu wilayah Kotim itu terjadi pada Minggu (21/4/2019).

Camat Katingan Tengah, Hariawan membenarkan putusnya ruas jalan di Km8 Tumbang Samba-Pundu itu.

Menurut Hariawan, Senin (22/4/2019) ruas jalan tersebut sejauh ini merupakan jalan provinsi. Ruas jalan tersebut selama ini menghubungkan wilayah Kecamatan Katingan Tengah dengan wilayah Kereng Pangi maupun Pundu.

Sebelum ruas jalan dari Kasongan, yakni Jalan Soekarno-Hatta dibangun hingga tembus Tumbang Samba, masyarakat yang ingin menuju Tumbang Samba atau wilayah hulu lainnya yang menggunakan jalur darat menggunakan jalan dari Km30 yang tidak jauh dari Pundu menuju Tumbang Samba.

Namun setelah jalan darat alternatif lain menuju Tumbang Samba dari Kasongan tembus, yakni Jalan Soekarno-Hatta kelar dibangun, masyarakat kemudian beralih menggunakan jalan Soekarno-Hatta jiga menuju Tumbang Samba atau Tumbang Manggu dan wilayah hulu lainnya.

Pasalnya, selain jarak tempuhnya lebih dekat, ruas jalan yang ada juga mulus dan tidak ada tanjangan atau naik turun bukit seperti halnya saat melintasi dari Km30 Hampalit.

Lambat laun ruas jalan dari Km30 menuju Tumbang Samba sepi, namun tetap saja dilalui kendaraan, terutama angkutan sawit dan kendaraan berat lainnya.

Sehingga tidak heran jika sebagian ruas jalan itu mengalami kerusakan berupa lubang menganga di tengah jalan.

Kerusakan jalan diperparah dengan curah hujan tinggi hingga menyebabkan jalan sempat terputus.

Berita Terbaru