Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan Penyuluh Sosial Jadi Ujung Tombak Program Sosial

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 April 2019 - 08:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Suahemi menyebut relawan penyuluh sosial masyarakat menjadi ujung tombak dalam penyampaian program sosial ke tengah masyarakat.

"Relawan yang dihimpun dari masyarakat ini sebagai ujung tombak semua program sosial. Jadi mereka inilah yang menyampaikan ke masyarakat," ucap Suhaemi, Senin (22/4/2019).

Mengingat sebagai ujung tombak, relawan yang berjumlah 30 orang itu sudah sepatutnya mendapat pelatihan dasar (Latsar) supaya menguasai segala bidang sebelum memberikan penyuluhan.

"Mereka harus dilatih agar bisa memahami sehingga mudah menyampaikan ke masyarakat," ungkapnya. Mereka yang menjadi relawan bukan hanya asal ditunjuk saja melainkan ada beberapa syaratnya.

Salah satunya minimal berijazah SLTA. Kemudian mampu menguasai komputer dan android. Kegiatan pelatihan dasar yang berlangsung di Swiss-Belhotel Palangka Raya dibuka oleh Staf Ahli Menteri Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial pada Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama.

Asep sekaligus sebagai narasumber dalam pelatihan itu. Selain dia, narasumber lainnya adalah Plt Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional Kalimantan, Badriyah. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru