Pemkab Murung Raya akan Adakan Komputer Tunjang Pelaksanaan UNBK

  • Oleh Trisno
  • 23 April 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemkab Murung Raya mewacanakan pengadaan komputer untuk sekolah. Ini menjawab fenomena kekurangan perangkat komputer untuk Ujian Nasional Berbasis Kamputer (UNBK) tahun ini.

“Pemerintah akan mencoba melakukan upaya mengalokasikan dalam APBD Perubahan 2019 terkait pembelian komputer untuk sekolah. Minimal pada tahun 2020 akan diupayakan dianggarkan,” kata Bupati Perdie usai meninjau pelaksanaan UNBK SMP, Selasa (23/4/2019).

Berdasarkan hasil pemantauannya termasuk laporan yang diterima, kata Perdie, rata-rata sekolah kekurangan komputer untuk pelaksanaan UNBK. 

Kondisi ini dinilai mengganggu pelaksanaan ujian. Sehingga ia melihat memang perlu dilakukan upaya antisipasi untuk SMP sederajat mengingat untuk SMA sudah menjadi wewenang provinsi.

Terhadap wacana tersebut diharapkan nanti mendapat respon dari legislatif. Karena memang penting harus dilakukan mengingat banyak sekolah yang kesulitan memenuhi kebutuhan komputer.

Kepala Dinas Pendidikan Mura Ingatno mengungkapkan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat telah dilaksanakan di mana ada sebanyak 411 sekolah yang melaksanakan UN.

Namun hanya 74 sekolah yang melaksanakan UNBK, sedangkan sisanya melaksanakan UN berbasis kertas dan pensil. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru