Logistik Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2019 Diserahkan Sebelum Pelaksanaan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 April 2019 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Logistik pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019 di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Kotawaringin Barat diserahkan sehari sebelum pelaksanaan.

Komisi Pilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Barat (KPU Kobar) bakal menyerahkan logistik ke TPS 51 Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan (Arsel) dan TPS 08 Desa Sungai Kapitan Kecamatan Kumai pada Rabu (24/4/2019) malam atau H-1.

Ketua KPU Kobar Chaidir menjelaskan, saat ini logistik yang diperlukan dalam pemungutan suara ulang tersebut sedang dipersiapkan pihaknya.

"Logistik sudah siap semuanya, tinggal proses pengemasan saja. Sehingga keesokan harinya Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) bisa langung melaksanakan PSU," jelas Chaidir, Rabu (23/4/2019).

Jumlah logistik yang disiapkan dalam pelaksanaan PSU sudah disiapkan sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Untuk TPS 51 Kelurahan Madurejo, jumlah DPT yang mengikuti PSU sebanyak 147 orang ditambah 1 orang DPTb. Sedangkan untuk TPS 08 Desa Sungai Kapitan, jumlah DPT yang mengikuti pemilu sebanyak 296 orang," jelas Chaidir.

Sebelumnya diberitakan bahwa PSU ini dilakukan atas rekomendasi Bawaslu Kobar ke KPU Kobar. Penyebabnya, di TPS 51 Kelurahan Madurejo ditemukan ada 8 pemilih yang memakai KTP luar Kobar dan ada juga yang berasal dari Kabupaten Kobar, namun beda daerah pemilihan (dapil) yang mencoblos surat suara di TPS tersebut.

Hal serupa juga ditemukan di TPS 08 Desa Sungai Kapitan. Untuk di TPS tersebut, berdasarkan hasil temuan Bawaslu Kobar terdapat 2 orang pemilih yang memilih namun tidak memakai KTP setempat. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru