Pemkab Katingan Sambut Baik WWF Indonesia Bantu Kembangkan Produk Rotan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 April 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemkab Katingan menyambut baik pihak lain seperti WWF Indonesia dan lembaga NGO lain yang menjadi mitra pemerintah dalam membantu pengembangan produk rotan.

Demikian disampaikan Asisten II Setda Katingan Akhmad Rubama saat membuka pertemuan tahunan perkumpulan petani rotan di aula Bappelitbang, Selasa (23/4/2019).

Pihaknya meyakini di tengah kondisi perdagangan rotan saat ini pengembangan rotan juga menyentuh masalah perlindungan ekosistem lingkungan dan pemanfaatan hutan secara lestari yang telah dilakukan secara turun-temurun dari generasi ke generasi di setiap petani rotan.

"Dengan berjalannya program dari WWF Indonesia, Pemda Katingan akan memajukan strategi dan rencana aksi dalam pengembangan potensi rotan yang lebih baik dan pengelolaan yang kerkelanjutan," tuturnya.

Tidak saja ditinjau dari aspek tata kelola yang lestari, namun juga aspek lain seperti peningkatan kapasitas petani dan pengrajin, serta memperkuat tata niaga produk rotan.

"Kita berharap dari kegiatan ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan untuk seluruh peserta pelatihan serta mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari sehingga mampu meningkatkan perekonomian rumah tangga," ujar Rubama. (ABDUL GOFUR/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru