Ini Daerah Peringkat Tertinggi Penyebaran HIV-AIDS di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 April 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng tahun 2018, ada beberapa daerah yang memilihi jumlah penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) cukup tinggi.

Data tersebut memperlihatkan daerah dengan jumlah masyarakat penderita AIDS dipegang oleh Kabupaten Kotawaringin Timur dengan jumlah 53 orang penderita.

Setelah itu di posisi kedua, ada Kabupaten Kotawaringin Barat dengan jumlah 23 penderita. Kemudian disusul Kabupaten Barito Timur (Bartim) dengan jumlah penderita sebanyak 7 orang.

Terkait itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul menghimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng untuk menghindari faktor penyebab HIV. Di antaranya penggunaan narkoba, apalagi narkoba yang menggunakan jarum suntik. 

“Karena hal itu akan mempercepat penyebaran HIV dan AIDS. Jika sudah terjangkit penyakit tersebut susah untuk disembuhkan,” kata Suyuti Syamsul, Selasa (23/4/2019).

Selain menghindari penyalahgunaan narkoba, pria berkacamata ini juga mengajak masyarakat untuk menghindari seks bebas, dan beberapa kebiasaan lainnya yang bisa menyebabkan HIV/AIDS. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru