Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

12 Pemerintah Daerah di Kalteng Raih SPIP Level 3

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 24 April 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -Salah satu target indikator kinerja bidang aparatur negara 2019 pada Pemerintahan Presiden Jokowi adalah tingkat kematangan implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) atau disebut tingkat maturasi SPIP dapat mencapai Level 3 dari skala 1 hingga 5.

Sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Bidang Akuntan Negara, Boni Anang Dwijanto menyebut, 12 dari 15 pemerintahan daerah telah memperoleh SPIP Level 3.

"Wilayah Provinsi Kalteng sampai dengan Maret 2019 sebanyak 12 dari 15 pemerintah daerah atau 80 persen telah telah berada di level 3," ujarnya usai pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Kalteng di Aula Eka Hapakat, Rabu (24/4/2019).

Sedangkan 3 pemerintah daerah lainnya  dia menyebut masih berada pada SPIP level 2.

Karakteristik SPIP Level 2 (berkembang) telah melaksanakan praktik pengendalian intern, namun tidak terdokumentasi dengan baik dan pelaksanaannya sangat tergantung pada individu dan belum melibatkan semua organisasi. 

Sedangkan Karakteristik SPIP Level 3 (terdefenisi) telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik. (GAZALI/B-2)

Berita Terbaru