Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa di Kotim Dituntut Kuasai Pengetahuan Kepemimpinan 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 April 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dituntut menguasai pengetahuan kepemimpinan. Ini agar mereka dapat menjalankan roda pemerintahan desa. 

"Kades harus memiliki atau menguasai pengetahuan kepemimpinan. Agar roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kotim Hawianan, saat pembekalan 48 kepala desa yang sudah dilantik, Rabu (24/4/2019). 

Kepala desa saat ini tentunya memiliki tantangan yang sangat berat dan tidak sama dengan tuntutan kerja dengan kades pada 30 tahun lalu. Karena kemajuan teknologi dan transparansi laporan keuangan juga harus dilakukan. Sehingga hal itu jika kepala desa atau pengurus tidak menguasai, maka bisa berdampak dengan jalannya roda pemerintahan desa yang dipimpinnya. 

"Dengan adanya hal itu, maka setiap kades harus bisa menambah ilmu mereka. Baik ikut pembinaan ataupun berkoordinasi dengan pemerintah dan juga aparat penegak hukum," ungkap Hawianan. 

Dengan adanya hal itu, maka segala kesalahan dalam pengambilan keputusan baik terkait dengan anggaran dana desa atau lainnya bisa diantisipasi. Sehingga tidak ada lagi kepala desa yang terjerat hukum akibat ketidaktahuan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru