DPMDes Kotim Minta Seluruh Desa Bisa Menyerap Dana Desa 100 Persen

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 April 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta kepada seluruh kepala desa agar bisa melakukan penyerapan dana desa 100 persen agar tidak menghambat pembangunan.

"Kami harap dana desa bisa 100 persen terserap pada 2019," ujar Kepala DPMDes Kotim, Hawianan saat pembekalan kepada 48 kepala desa, Rabu (24/4/2019).

Harapan ini diungkapkan agar program dana desa bisa digunakan dengan baik dan tidak ada lagi pembangunan di desa yang terhambat.

Namun jika pemerintahan desa tidak bisa menggunakan dengan baik, sehingga dana desa tidak terserap, maka akan berdampak pada pembangunan disuatu desa.

"Dana desa itu disiapkan untuk digunakan membangun desa, bukan untuk dibiarkan begitu saja," katanya. Pemerintah terus berupaya memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada pengurus desa agar tidak takut menggunakan dasa.

Karena yang terpenting peruntukan sesuai pembangunan infrastruktur dan juga sumber daya manusia di desa.

Sementara di Kotim sendiri, setidaknya ada enam desa yang dana desanya tidak terserap pada 2018. Hal itu menjadi perhatian pihak pemerintah agar bisa dikoordinasikan terkait hal tersebut, sehingga tidak terulang lagi pada 2019.

"Kalau tidak terserap tentu bisa kena sanksi nantinya. Salah satunya pemotongan jumlah dana desa," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru