Ini Saran Dinas Pertanian kepada Petani Jeruk Basarang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 April 2019 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas memiliki potensi pengembangan pertanian buah jeruk. Kondisi ini diharapkan dapat terus berkelanjut sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kapuas Ringkesit menyampaikan sejumlah saran-saran yang diterima dari Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kalteng Sunarti kepada para petani jeruk di sana.

"Ibu Kadis Pertanian Kalteng juga memberikan saran kepada petani agar buah jeruk Basarang ini disertifikasi agar bisa meyakini konsumen bahwa buah jeruk itu sangat aman untuk dikonsumsi," ucap Ringkesit, Kamis (25/4/2019).

"Untuk petani lainnya juga kalau mau menanam jeruk dipersilakan membuat proposal ke pemerintah akan dibantu dari alat pengolahan lahan sampai dengan bibitnya," lanjutnya.

Lebih lanjut diharapankan hasil jeruk tidak hanya dijual di pasaran Kalimantan Tengah saja tapi sampai ke provinsi tetangga bahkan sampai dengan ekspor keluar negeri.

"Tetapi sebelumnya harus ada label atau merk jeruk basarang dari Kabupaten Kapuas. Jadi itu pesan beliau saat berkunjung kesini kemarin," ujar Ringkesit.

Pihaknya pun akan selalu menekankan kepada pihak penyuluh lapangan pertanian Basarang agar selalu semangat, Ikhlas dalam pendampingan kepada petani. "Karena penyuluh merupakan ujung tombak atau jembatan penghubung antara petani dan pemerintah," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru