Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Inginkan Desa Bergerak Menjadi Desa Swasembada

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 April 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Supian Hadi, berharap agar banyak desa yang dari swadaya bergerak menjadi desa swasembada atau paling tidak menjadi desa swakarya. 

"Saat ini di Kotim rata-rata desa masih swadaya. Itu harus menjadi perhatian kepala desa untuk ditingkatkan, minimal menjadi desa swakarya," ujar Supian Hadi, Kamis (25/4/2019). 

Desa swasembada atau desa berkembang adalah desa yang masyarakat mampu memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya alam (SDA), serta potensinya sesuai dengan kegiatan pembangunan regional.

Kemudian, sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Swasembada bergerak perdagangan dan jasa. 

Jika hal itu dapat diterapkan diseluruh desa di Kotim ini, maka secara otomatis penduduk desa akan lebih maju serta sejahtera.

"Itu harapan saya kepada seluruh kepala desa, agar nantinya bisa menjadikan desa swasembada," kata Supian. 

Dirinya juga meminta kepada seluruh kepala desa agar mengenali kondisi sosial masyarakat desa yang dipimpin. Dan menggali potensi-potensi desa yang ada. Sehingga ekonomi masyarakat desa tumbuh dan berkembang. 

"Dengan itu, kemajuan desa akan terus berkembang. Sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat," pungkas Bupati Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru