Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Cegah Penyakit Stroke

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 April 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Kapuas melakukan penyuluhan kesehatan tentang penyakit stroke melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD), Kamis (25/4/2019).

Dokter spesialis saraf Muhammad Ichsan Safwannoor selaku narasumber dalam penyuluhan itu, memberikan tips untuk mencegah terkena penyakit stroke.

Di antaranya dengan cara menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, hindari konsumsi makanan berkolesterol tinggi, cukup istirahat, dan kurangi stres.

Sedangkan untuk pengobatan dilakukan dengan obat-obatan dari rumah sakit, kontrol ketat agar kolesterol jahat turun atau tidak naik. 

"Hindari makan yang memicu terjadnya serangan stroke misalnya garam, junk food karena dapat memicu hipertensi, Fisioterapi dengan latihan otot untuk mengembalikan fungsi otot dan fungsi komunikasi supaya mendekati kondisi semula dengan dipandu instruktur fisioterapi," ucap M Ichsan, Kamis (25/4/2019).

"Namun, bila fisioterapi tidak dijalani sungguh - sungguh dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada anggota tubuh yang mengalami kelumpuhan. Kesembuhan penderita stroke bervariasi tergantung kedisiplinan penderita dan terapi," lanjutnya.

Selain itu, dia menjelaskan terkait informasi di media sosial tentang penanganan pertama pada stroke adalah dengan menusuk cuping telinga atau ujung jari untuk mengeluarkan darah kotor adalah mitos.

"karena tidak memberi manfaat, bahkan bisa berbahaya apabila benda tajam atau jarum yang digunakan untuk menusuk dapat menyebabkan infeksi," ucapnya.

Juga kerap terdengar informasi penggunaan air dingin yang disiram ke kepala pada saat mandi dapat menyebabkan stroke adalah mitos, karena tubuh manusia mempunyai mekanisme ketahanan suhunya sendiri, jadi tidak benar hal tersebut.

"Penyakit stroke tidak memandang usia tua saja, karena sekarang banyak di usia muda mengalami stroke karena pola hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, jarang berolahraga, dan seringnya tekanan pikiran atau stres," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru