Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Barito Utarb Sampaikan LKPj 2018

  • Oleh Ramadani
  • 25 April 2019 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2018 pada rapat paripurna DPRD, Kamis (25/4/2019).

Sugianto mengatakan LKPj 2018 ini dibuat mengacu kepada ketentuan yang telah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan PP Nomor 3 Tahun 2007 tentang laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada pemerintah, laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD dan informasi laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada masyarakat.

“Pada ketentuan umum PP Nomor 3 Tahun 2007 menyatakan LKPj kepala daerah kepada DPRD yang selanjutnya disebut LKPj adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran yang disampaikan oleh kepala daerah kepada DPRD,” katanya.

Dikatakan, LKPj disusun dengan struktur penulisan yang memuat keterangan mengenai arah kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuan, dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

“Dalam penyusunan materi keterangan pertanggung jawaban penyelenggaraan pemerintahan daerah 2018 ini, kami telah mengaplikasikan penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan berupa perbandingan antara realisasi dengan target 2018,” katanya.

Sedangkan penilaian indikator kinerja pemerintahan secara keseluruhan terdapat pada laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP). (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru