Anggota Kodim 1013 Muara Teweh Bentuk Tim Patroli Pencegahan Karhutla

  • Oleh Ramadani
  • 25 April 2019 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Komando Distrik Militer 1013 Muara Teweh membentuk tim patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Tim ini tugasnya melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat dibeberapa desa di wilayah Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya.

Partoli ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan Karhutla yang kerap sering terjadi saat musim kemarau.

Komandan Kodim 1013 Muara Teweh Letnan Kolonel Inf Yusan Riawan, Kamis (25/4/2019) mengatakan kekompakan dan saling mendukung antara TNI-Polri dan Manggala Agni dalam upaya pencegahan Karhuta sangat dibutuhkan dengan mensosialisasikan tentang bahaya dan larangan pembakaran hutan dan lahan harus tetap terjaga dan selalu kompak.

Lanjutnya, kegiatan ini terus dilaksanakan, karena bahaya Karhutla kepada masyarakat. Patroli terpadu dilaksanakan berupa deteksi dini dan pemadaman dini bila ditemukan kebakaran.

"Serta sosialisasi dan pemasangan banner dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui proses perubahan perilaku serta mengajak masyarakat selalu peduli terhadap lingkungan dan kelestarian hutan,” imbuhnya.

Dia mengimbau masyarakat tidak membakar lahan. Dengan dilaksanakannya patroli, sosialisasi dan pemasangan banner diharapkan bisa menimbulkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya Karhutla. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru