Pasca Robohnya PPK Mantangai, Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Tetap Berlangsung

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 April 2019 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pasca robohnya tempat logistik atau kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mantangai pada Selasa (23/4/2019), kini rapat pleno rekapitulasi hasil pemilu tetap berlangsung dan tidak terlalu berpengaruh terhadap tahapan, meski sejumlah kotak surat suara mengalami kerusakan.

Camat Mantangai, Yan Marto mengatakan peristiwa tersebut tidak mengganggu berjalannya rapat pleno. Karena logistik sudah diamankan di kantor kecamatan dengan pengamanan ketat dari kepolisian dibantu linmas dan BKO Polres Kapuas.

"Hari ini sudah dimulai rapat pleno terbuka untuk 38 desa. Kita harapkan bisa diselesaikan dalam dua hari ini. Sedangkan logistik yang rusak sudah dituangkan dalam berita acara ke KPU," ucap Yan Marto, Kamis (25/4/2019) malam.

Sementara itu Ketua KPU Kapuas, Jamilah Maisura menyebut ada 155 kotak suara mengalami kerusakan ringan dan 13 kotak lainnya mengalami rusak berat.

"Berdasarkan surat berita acara PPK Mantangai yang kami terima ada 155 kotak suara mengalami rusak ringan, yang terdiri dari 26 TPS," ucapnya.

Sedangkan untuk 13 kotak suara yang mengalami kerusakan berat itu di Desa Sei Gawing TPS 1 kotak suara DPRD provinsi, TPS 2 kotak suara DPD RI dan TPS 2 kotak suara presiden.

"Desa Danau Rawah TPS 2 kotak suara presiden, TPS 2 kotak suara DPRD provinsi dan TPS 4 kotak suara DPR RI, untuk surat suaranya masih terbungkus plastik jadi aman," jelasnya.

Dia mengatakan saat ini masih dilakukan pleno dan sejauh ini berlangsung lancar. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru