Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda dan Kapolres Katingan Kunjungi Rumah Betang Syaer Sua Bintang Patendu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 April 2019 - 08:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kapolda Kalteng Irjen Pol Agus Revandoko bersama Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting disela memantau tahapan pemilu di PPK Sanaman Mantikei menyempatkan untuk mengunjungi Rumah Betang Sayer Sua Bintang Patendu, Kamis (25/4/2019).

Rilis pihak Polres Katingan, Jumat (26/4/2019) menyebutkan, Kapolda Kalteng mengaku tertarik melihat langsung cagar budaya Huma Betang bernama Syaer Sua Bintang Patendu Katingan di Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei, yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya oleh keluarga dan keturunan pemilik Huma Betang tersebut.

Saat tiba di Huma Betang, Kapolda Kalteng disambut hangat dan meriah oleh masyarakat, pelajar dan para tokoh masyarakat maupun tokoh adat setempat.

Sebelum masuk ke Huma Betang Kapolda Kalteng juga di sambut tarian dan tradisi adat Dayak Kalteng berupa potong pantan sebagai ucapan selamat datang kepada tamu kehormatan.

Sebagai tradisi adat Dayak Kalteng Kapolda dan rombongan pun juga di tapung tawar oleh tetua adat masyarakat Dayak.

Dalam kesempatan ini Kapolda Kalteng Irjen Polisi Anang Revandoko mengatakan cagar budaya ini masih sangat asli dengan semua barang-barang peninggalan adat budaya Dayak.

"Sehingga kita perlu menjaga kelestarian cagar budaya ini, dan dalam Huma Betang ini kita juga diajarkan hidup rukun, karena penghuninya walaupun berbeda-beda bisa hidup rukun dan saling menghormati sehingga kita bisa belajar dari filosofi Huma Betang yang secara tidak langsung mengajarkan bagaimana hidup dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta cinta tanah air Indonesia," katanya.

Mewakili kelompok masyarakat Fordayak Kalimantan Tengah, Cendana Putra dan Jimy mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kunjungan Kapolda Kalteng bersama rombongan yang didampingi oleh Kapolres Katingan. Dalam kunjungan itu  juga berkenan singgah di Huma Betang dan beramah tamah langsung kepada tokoh masyarakat, tokoh adat yang hadir serta sekaligus memberikan wawasan kebangsaan untuk lebih cinta terhadap tanah air Indonesia.(ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru