Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luas Kawasan Kumuh Perkotaan Kapuas Berkurang 91,67 Hektare

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 April 2019 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten Kapuas terus mengupayakan penanganan kawasan permukiman kumuh, terutama di wilayah perkotaan. Hal itu seiring dengan program Kota Tuntas Kumuh.

Salah satunya, melalui kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat dan swasta, dalam pelaksanaan Program Neighborhood Upgrading and Shelter Phase-2 (NUSP-2).

"Hingga tahun 2018, luasan kawasan kumuh berkurang 91,67 hektare dari total luasan kumuh perkotaan 331,72 hektare," kata Wakil Bupati Kapuas, Nafiah Ibnor, Jumat (26/4/2019).

Lebih lanjut, Nafiah mengatakan, Kabupaten Kapuas merupakan satu dari 20 kota/kabupaten di 16 provinsi di Indonesia yang mengikuti program tersebut.

Juga, satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang menerima bantuan untuk program itu dari Asian Development Bank (ADB).

"Kontribusi program NUSP-Z untuk percepatan penanganan permukiman kumuh, dalam mewujudkan permukiman yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di Kuala Kapuas sangat besar," kata dia. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru