Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Sektor Perkebunan dan Pertanian Desa Karamuan Harus Dikembangkan

  • Oleh Ramadani
  • 26 April 2019 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Mauara Teweh - Anggota DPRD Barito Utara, Henny Roesgiaty Rusli melaksanakan reses di Desa Karamuan, Kecamatan Lahei Barat, untuk melihat sektor perkebunan dan pertanian di sana.

Terkait itu, Henny Rosgiaty Rusli, Jumat (26/4/2019), mengatakan, di desa itu sangat potensial untuk pengembangan perkebunan dan pertanian

“Banyak di sana perkebunan karet, namun harga saat ini hanya Rp 7.000 per kilogram. Sementara sebelumnya mencapai Rp 15.000 per kilogram,” kata Henny.

Henny menambahkan, agar harga karet ini kembali normal, petani dihimbau untuk menjaga kualitas yang dihasilkan. Jangan sampai karet tercampur tanah dan sebagainya sehingga memengaruhi harga.

“Memang secara keseluruhan untuk Kabupaten Barito Utara, penghasil karet lumayan banyak. Tetapi yang menjadi kendalanya di kalangan petani, harga belum stabil,” kata Henny Rosgiaty.

Sementara di Desa Karamuan, masyarakat tak hanya terfokus pada perkebunan karet saja, akan tetapi juga berladang. Sekarang, ada 20 hektare tanaman padi yang ditanam.

“Tanah yang subur ini agar dapat dimanfaatkan dengan betul-betul, tapi juga harus diiringi pembinaan dan pengarahan dari instansi terkait,” ujarnya.(RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru