Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MKKS dan Dinas Pendidikan Perlu Berkoordinasi untuk Optimalkan USBN-BK

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 April 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Untuk mengoptimalkan persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) perlu adanya koordinasi antara Dinas Pendidikan Kalteng dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Demikian disampaikan pengarah MKKS Mi’razulhaidi saat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah Palangka Raya, Sabtu (27/4/2019). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Kalteng Syaifudi.

“Mari kita menjalin kerja sama sesuai mekanisme agar lebih efisien dan hasilnya juga lebih efektif. Terutama terkait penyusunan soal yang perlu dilaksanakan lebih awal,” ungkap Mi’razulhaidi.

Ia menilai, penyusunan soal yang dilakukan lebih awal bisa memberikan kesempatan yang cukup untuk mengoreksi. Sehingga bisa menghasilkan soal yang lebih baik.

“Oleh karena itu, tahun ini kita perlu mencoba menyusun kalender pendidikan dengan lebih cermat,” kata Mi’razulhaidi yang merupakan kepala SMAN 2 Palangka Raya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMA/MA Kota Palangka Raya Arbusin berpendapat untuk efisiensi validasi soal USBN-BK hanya perlu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

“Jadi tidak perlu pengawas ikut repot. Lagi pula, tentu para guru lebih familiar dengan penyusunan kisi-kisi soal ujian sekolah,” ucap dia.

Selain itu, bertujuan agar nantinya soal sesuai dengan kondisi sekolah. Karena guru dapat diberikan kesempatan langsung menyusun soal ujian sekolah berdasarkan kisi-kisi yang dibuat MGMP. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru