Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Mahasiswa Ikuti Seminar Motovasi Kewirausahaan

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 27 April 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palangka Raya, Sabtu (27/4/2019) sore, mengikuti seminar motivasi nasional tentang pengembangan kewirausahaan.

Seminar yang menghadirkan motivator muda nasional, Syafii Efendi, itu mengajak kaum milineal di Kalteng untuk bisa menjadi pengusaha sukses dan tidak bergantung pada peluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pascamenyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Syafii Efendi menyebut, saat ini bonus demokgrafi (penduduk usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun dalam suatu negara) di Indonesia cukup besar, yakni mencapai 40%. Sehingga harus dimanfaatkan secara maksimal.

"Namun, bonus demografi ini bisa menjadi bencana jika pemuda kita tidak siap. Karena secara tidak langsung akan menjadi beban negara," ujarnya, Sabtu (27/4/2019).

Ia menjelaskan, pada dasarnya saat ini pemerintah mempunyai beban yang sangat besar karena harus menggaji PNS mencapai Rp368 triliun per tahun.

"Untuk itu, melalui seminar ini kita mengajak pemuda Kalteng agar tidak terlalu berharap menjadi PNS dan meringankan beban negara dengan sukses di usia muda sebagai pengusaha yang andal," imbuh dia.

Dalam kegiatan yang diinisiasati organisasi Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Kalteng ini, turut dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko. (GAZALI/B-3)

Berita Terbaru