BPBD Kobar Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan Simulasi Evakuasi

  • Oleh Andreansyah
  • 27 April 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar simulasi evakuasi dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). Simulasi berlangsung di halaman kantor BPBD Kobar, Sabtu (27/4/2019) 

Kegiatan itu melibatkan TNI, Polri, Manggala Agni, perbankan, instansi vertikal, SOPD di lingkup Pemkab Kobar, dan masyarakat. 

Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda mengatakan, simulasi evakuasi dalam rangka HKB dilakukan serentak se-Indonesia pada Jumat (26/4/2019). HKB bukanlah seremoni, melainkan upaya konkret untuk mengubah perilaku dan membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. 

HKB mengedepankan aksi nyata seperti pemeriksaan, keberadaan, dan keberfungsian kelengkapan sarana dan prasarana keselamatan. Seperti rambu dan jalur evakuasi yang aman serta titik kumpul. Kemudian tersedianya alat pemadam api, manajemen keselamatan bangunan bertingkat, dan sebagainya.

"Kegiatan ini dilakukan di semua instansi perkantoran. Untuk kelemahan, kantor di lingkup Pemkab Kobar masih kurang adanya jalur evakuasi. Hanya rumah sakit yang tersedia jalur evakuasi. Itu tujuannya untuk memudahkan proses evakuasi saat terjadi bencana, " kata Petrus Rinda.

Ia berharap, kegiatan HKB sekaligus simulasi tersebut bisa melatih evakuasi dengan tenang dan tidak panik. Karena semua itu merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi ancaman bencana. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru