Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Kembali Terjang Tumbang Samba Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 April 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir akibat luapan Sungai Katingan kembali menerjang Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Minggu (28/4/2019).

Informasi terhimpun, puluhan rumah serta kawasan permukiman termasuk jalan terendam.

Selain Desa Samba Bakumpai, luapan Sungai Katingan ini juga merendam sebagian permukiman warga Desa Samba Kahayan, dan Desa Samba Katung.

Rudi, warga Tumbang Samba mengatakan luapan air Sungai Katingan mulai terjadi pada Sabtu (27/4/2019) malam tadi.

"Sampai hari ini air Sungai Katingan wilayah Kecamatan Katingan Tengah terutama di Tumbang Samba masih meluap dan menggenangi sejumlah desa," tutur Rudi.

Menurutnya, luapan air Sungai Katingan ini terjadi lantaran curah hujan di wilayah utara Katingan seperti Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Katingan Hulu serta Kecamatan Marikit, sejak beberapa hari terakhir ini tinggi.

Ditambah peningkatan debit air di Sungai Samba yang bermuara di Tumbang Samba. Akibatnya Sungai Katingan di wilayah Tumbang Samba tidak mampu menampung jumlah debit air yang berlebih hingga kemudian meluap.

"Sudah sering di Tumbang Samba itu kebanjiran, tapi biasanya banjir tidak lama. Tapi kalau curah hujan di hulu masih tinggi mungkin banjir akan bertahan lebih lama," imbuh Rudi. (ABDUL GOFUR/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru