Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Studi Banding Ke Banjarmasin 

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 28 April 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Anggota Dewan Kabupaten Bartim Yang tergabung dalam panitia khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah 2018, melakukan studi banding ke DPRD Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Anggota Tim Pansus LKPj Markati mengatakan, studi ini merupakan  komparasi. Pasalnya, DPRD Banjarmasin telah melaksanakan penetapan pansus dan membuat rekomendasi untuk kepala daerah di sana.

“Melihat dari komparasi DPRD Banjarmasin dengan Barito Timur, kami sangat mengharapkan adanya perkembangan ekonomi kerakyatan di Barito Timur melalui program UMKM,” kata Markati, Minggu (28/4/2019).

Menurut Markati, ada beberapa kesamaan dalam studi komparasi tersebut. Di antaranya pengembangan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.

Dia menambahkan, kepala SOPD yang menjadi sektor penggerak ekonomi kerakyatan melalui UMKM akan diberhentikan jika gagal mengembangkan program ekonomi kerakyatan. Ini merupakan konsekuensi tegas agar program yang dilaksanakan berhasil.

Dalam studi tersebut ada lima instansi teknis yang menyampaikan laporan pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Di tempat kita, ada batik Mawiney yang bisa dikembangkan melalui kreativitas dan mampu berinovasi di tingkat lokal hingga nasional,” kata dia.

"Memang hanya sebuah rekomandasi. Namun, jika rekomendasi bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan daerah, harus diperhatikan, dipertimbangkan, bahkan bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (PRASOJO EKO/B-11)

Berita Terbaru