Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Bercerita Program Tepat Tingkatkan Minat Baca

  • Oleh James Donny
  • 29 April 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS,  Pulang Pisau - Lomba bercerita untuk pelajar adalah program yang tepat untuk meningkatkan minat baca.

"Untuk meningkatkan kegemaran membaca di kalangan peserta didik tingkat SD dan MI se-Kabupaten Pulang Pisau, salah satu program yang tepat adalah menyelenggarakan lomba bercerita," kata Asisten I Sekretariat Daerah (Setda)  Pulang Pisau Bidang Pemerintahan dan Kesra,  Susilo I Tamin menyampaikan sambutan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo saat membuka Lomba Bercerita pada Senin, 29 April 2019.

Menurutnya, ini adalah program yang tepat karena bercerita dan membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik bersifat formal maupun nonformal yang harus dijaga dan ditingkatkan esensinya melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca. 

Susilo mengatakan, bercerita merupakan tradisi lisan dan sebagai salah satu kekayaan Indonesia seperti legenda, mitos, dongeng, epos, sejarah sebagaian sudah diabadikan dalam bentuk tulisan.

Dia mengatakan, tulisan tersebut sudah banyak yang menjadi koleksi perpustakaan, contohnya Malin Kundang, Pulau Mintin Hantuen, Bukit Tangkiling dan sebagainya. Cerita-cerita seperti itu dapat membangkitkan cinta anak terhadap budaya lokal.

Harapannya, melalui cerita rakyat nusantara ini akan menumbuhkan rasa kekaguman kepada khasanah kekayaan budaya. Kemudian akan menumbuhkan rasa menghormati, rasa bersatu dalam ikatan kebangsaan yaitu bangsa Indonesia. (JAMES DONNY/B-2) 

Berita Terbaru