Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PPNI Peringati HUT ke-45 dengan Pembacaan Ikrar dan Gelar Seminar Keperawatan

  • Oleh Ramadani
  • 29 April 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Memperingati HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang ke-45, PPNI Kabupaten Barito Utara mengikrarkan sumpah perawat dan menggelar seminar keperawatan di Gedung Balai Antang, Kota Muara Teweh, Senin, 29 April 2019

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Nila Sari. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra. 

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa profesi perawat memiliki tanggung jawab utama yaitu untuk memberikan pelayanan keperawatan kepada setiap individu yang membutuhkan. Mulai dari awal kehidupan sampai menghadapi proses kematian.

Sedangkan sumpah prosesi perawat merupakan hal penting, di mana sumpah tersebut mengandung perkataan janji kepada diri sendiri dan hubungan antara individu dengan penciptanya. 

"Melalui sumpah profesi yang diucapkan, perawat haruslah profesional dan akuntabel serta mempunyai komitmen untuk menjadi perawat profesional dan bertanggung jawab, terhadap diri sendiri, profesi, maupun Tuhan," tegas Sugianto.

Hal tersebut senada dengan lima misi pembangunan daerah yang salah satunya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Di mana peningkatan kesehatan diwujudkan melalui pemberian pelayanan kesehatan, yang didukung sumber daya kesehatan, baik tenaga kesehatan maupun tenaga non kesehatan.

Selanjutnya, dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, perawat berperan sebagai penyelenggara praktik keperawatan, pemberi asuhan keperawatan, penyuluh dan konselor bagi klien, pengelola pelayanan keperawatan serta peneliti keperawatan. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru