GAPKI dan JABPUSI Siap Tingkatkan Kesejahteraan Tenaga Kerja

  • Oleh Budi Yulianto
  • 30 April 2019 - 08:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jejaring/Serikat Pekerja Buruh Sawit Indonesia (JAPBUSI) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) bekerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di perkebunan kelapa sawit.

Bentuk kerja sama itu disampaikan pada dialog antara JAPBUSI dan GAPKI dalam rangka memperingati Hari Buruh di Jakarta sebagaimana rilis yang diterima borneonews pada Senin, 29 April 2019.

Sekretaris Eksekutif JAPBUSI, Nursanna Marpaung mengatakan saat ini pekerja di industri kelapa sawit baik swasta maupun negara sebanyak 3,75 juta orang. Selain itu ada juga 2,2 juta petani sawit.

"Jadi secara total jumlah pekerja yang terlibat rantai pasok sawit bia mencapai 16,2 juta orang,” katanya.

Nursanna sangat mendukung pemerintah dalam upaya memperjuangkan komoditas sawit dari diskriminasi dan kampanye negatif.

Apalagi industri kelapa sawit memang tak hentinya diterpa isu negatif. Salah satunya isu mengenai tenaga kerja di perkebunan kelapa sawit.

Sementara itu Ketua Bidang Ketenagakerjaan GAPKI, Sumarjono Saragih terus mendorong berjalannya kerja sama antara GAPKI dan JAPBUSI yang sudah berlangsung dari tahun 2017 untuk melawan isu-isu negatif.

GAPKI dan JAPBUSI juga terbuka terhadap masukan dari berbagai pihak maupun stakeholder baik di tingkat nasional maupun internasional dan berbagai pihak pemerhati sawit untuk berbagi informasi maupun pengetahuan terkait tata kelola sawit berkelanjutan.

Tidak hanya unsur pengusaha dan buruh, dalam dialog tersebut kedua belah pihak turut mengajak pemerintah untuk ikut aktif dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kondisi tenaga kerja dan petani kelapa sawit Indonesia. Yaitu dengan membuat regulasi yang mengatur secara khusus tentang ketenagakerjaan sektor perkebunan kelapa sawit.

JAPBUSI merupakan asosiasi yang terdiri Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau CAITU, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (Rekonsiliasi), Konfederasi Serikat buruh Sejahtera Indonesia dan Konfederasi Serikat Buruh Muslimin Indonesia.

Ada 9 federasi serikat pekerja yang juga memiliki basis di industri kelapa sawit Indonesia. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru