Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pansus LKPj akan Panggil Dinas PUPR dan Disdukcapil Barito Timur

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 30 April 2019 - 12:36 WIB

BORNENONEWS, Tamiang Layang – Panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Bartim akan memanggil Dinas PUPR dan Disdukcapil pasca melakukan studi banding ke Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemanggilan ini untuk meminta penjelasan berkaitan dengan perkembangan pembangunan yang telah dilaksanakan dan disampaikan dalam LKPj 2018.

Ketua Pansus DPRD Bartim, Gomelson Lazarus mengatakan setelah menerima dokumen LKPj, anggota dewan kemudian menjadwalkan ke wilayah yang telah menyelesaikan LKPj. Di antaranya DPRD HSU dan Banjarmasin.

Pansus dapat gambaran berkaitan fokus perhatian legislator berkaitan dengan kemajuan perekonomian dan infrastruktur.

"Kita juga akan membedah seputar hal tersebut di Bartim untuk disimpulkan dalam rekomendasi pansus nanti,” ungkap Gomelson, Selasa, 30 April 2019.

Pansus juga telah meminta perpanjangan waktu kepada unsur pimpinan dewan karena ada beberapa persoalan yang perlu mendapat perhatian serius.

Dia menerangkan alasan menunda paripurna istimewa dalam penyampaian rekomendasi dewan terhadap LKPj karena masih diperlukannya penjelasan detail dari pelaksana teknis pembangunan yakni dinas dan instansi pemerintah daerah.

PUPR berkaitan infrastuktur. Dalam penyampaiannya masih sebatas global pada dokumen LKPj. Pihak pansus akan meminta sejauh mana dan telah terpetakannya pembangunan akses jalan sesuai kewenangan yang terbagi secara khusus jalan provinsi, kabupaten, dan permukiman.

Sedangkan Disdukcapil, untuk menanyakan pertumbuhan penduduk di kabupaten berjuluk Jari Janang Kalawah.

Sebab, menurut Gomelson dalam satu tahun terakhir angka yang disampaikan hanya sebatas fokus dalam perekaman KTP El, akta kelahiran dan KK tidak disertai angka perkawinan, perceraian bahkan kematian. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru