Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baru Rp3,8 Miliar untuk Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kotim 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 April 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejak 2017 Pemkab Kotawaringin Timur terus menjalankan program peremajaan kelapa sawit rakyat. Hingga saat ini Rp3,8 miliar anggaran yang masuk ke rekening kelompok tani. 

"Program peremajaan kelapa sawit rakyat baru masuk Rp3,8 juta dari pusat," ujar Sekda Kotim Halikinnor saat membuka workshop pendataan dan pendaftaran sawit rakyat menuju pengelolaan sawit rakyat berkelanjutan dan sosialisasi tentang pedoman penerbitan surat tanda daftar usaha perkebunan untuk budidaya  atau STD-B, Selasa, 30 April 2019.   

Baru ada dua kelompon tani yang menerima program peremajaan tersebut. Sedangkan dana untuk 10 kelompok tani lain masih dalam proses melengkapi persyaratan dan penyelesaian administrasi. 

Halikin mengatakan, Dinas Pertanian sejauh ini juga banyak mengalami kendala dalam pelaksanaan program peremajaan kelapa sawit. Seperti terbatasnya jumlah tenaga aparatur sipil negara bidang perkebunan. 

"Ada juga keterbatasan dana pendukung dan terbatasnya sarana prasarana untuk kelancaran petugas yang bekerja," kata Halikinnor. 

Walaupun begitu pihaknya terus berupaya menyosialisasikan agar masyarakat yang punya kebun rakyat bisa dapat izin sehingga bisa dapat bantuan dana peremajaan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru