Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebun Sawit di Kotawaringin Timur Terluas se-Indonesia 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 April 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Luasan kebun sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur mencapai 551.000 hektare, dan merupakan yang terluas di antara sejumlah daerah yang ada di Indonesia. 

"Dari data yang sudah selesai kami identifikasi, luasan lahan kebun sawit di Kotim merupakan yang terluas di Indonesia, karena mencapai 551.000 hektare," ujar Direktur Program Yayasan Kehati Irfan Bachtiar saat workshop pendataan dan pendaftaran sawit rakyat menuju pengelolaan sawit rakyat berkelanjutan dan sosialisasi tentang pedoman penerbitan surat tanda daftar usaha perkebunan untuk budidaya  atau STD-B, di Sampit, Selasa, 30 April 2019. 

Kotim menjadi daerah yang memiliki luasan lahan kelapa sawit terbesar se Indonesia dibanding kabupaten dan kota lainnya. 

Sementara untuk di Indonesia sendiri, setidaknya ada sekitar 16,8 juta hektare kebun kelapa sawit. Luasan tersebut merupakan hasil pemetaan digitasi peta satelit resolusi sangat tinggi di Indonesia pada 2018 lalu. 

"Namun kami harus memvalidkan lagi luasan lahan tersebut, agar diketahui secara riil," ungkap Irfan. 

Selain untuk mengetahui secara rill jumlah luasan lahan tanam sawit di Indonesia, mereka juga ingin mengetahui kebun sawit yang masuk dalam kawasan area penggunaan lain (APL) dan juga kawasan hutan. 

"Kami juga ingin tahu ada berapa perkebunan sawit yang memiliki izin dan tidak memiliki izin. Mudah-mudahan data tersebut segera kami dapatkan secara rill," harap Irfan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru