Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal Kerajinan Getah Nyatu saat Berada dalam Rutan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 30 April 2019 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tak pernah terpikirkan sebelumnya bagi Rezeki Rahmatullah (26) untuk bisa mengolah kerajinan dengan bahan dasar getah nyatu. 

Bahkan, warga binaan kasus narkotika ini mengaku mengetahui nama getah nyatu saja ketika berada dalam Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya.

Ini karena ia mengikuti program pembinaan dalam rutan setempat. Beruntunglah dia karena mendapat pembinaan hingga akhirnya mampu mengolah kerajinan secara mandiri.

"Belajarnya saat di Rutan. Kurang lebih 5 bulan baru bisa mandiri," kata Rezeki ketika mengikuti Kalteng Quality Expo di Jalan Temanggung Tilung, Selasa, 30 April 2019.

Ia menuturkan, bentuk kerajinan yang sudah dibuat yakni tempat pulpen, batang garing, kapal dan betang. "Untuk tempat pulpen sehari bisa dapat 20. Tapi kalau sendiri ya sekitar 5," ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam mengolah kerajinan berbahan getah nyatu, hal yang sulit hanyalah pada pencarian bahan dasar tersebut. 

Rencananya, Rezeki akan bebas pada September 2019 ini. "Kalau bebas nanti memang ada rencana untuk mengembangkan bakat ini," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru