Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tongkang Batubara Tabrak Fender Jembatan

  • Oleh Uriutu
  • 30 April 2019 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Tongkang batubara tabrak fender atau pengaman jembatan Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, Selasa 30 April 2019 sekitar pukul 05.10 WIB.

Akibat tertabraknya fender Jembatan Kalahien roboh. Namun tidak sampai mengenai jembatan Kalahien.

Informasi yang dihimpun menyebutkan tongkang bermuatan batubara milir dari wilayah Desa Paring Lahung, Barito Utara tersebut ditarik tugboat TB ITS Diamonds menuju Banjarmasin. 

Saat ini tongkang bermuatan batubara tersebut tersebut sudah di evakuasi dan diamankan diwilayah seberang Desa Kalahien untuk proses lebih lanjut. 

Kapolsek Dusun Selatan IPDA Abi Karsa mengatakan, saat ini kapal beserta tongkang tersebut masih ditahan di perairan Barito Selatan dan masih dalam proses penyelidikan. 

"Kita masih menyelediki terkait kejadian ini serta memeriksa Kapten kapal Edi Susanto (41) untuk pengembangan lebih lanjut,” kata Abi Karsa kepada Borneonews, Selasa 30 April2019 malam. 

Berdasarkan keterangan Kapten Kapal ITS Diamond, Edi Susanto, kejadian tersebut karena arus Sungai Barito di sekitar Jembatan Kalahien sangat kencang.

Sehingga, lanjut dia, tongkang yang ditarik oleh kapal tidak bisa dikendalikan dan terpeper ke kiri dan kemudian menabrak fender jembatan. 

"Arus di sekitar jJmbatan Kalahien sangat deras akibatnya kapal tidak bisa dikendalikan Kejadiannya sehingga menabrak fender jembatan,” katanya. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru