Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Suara Caleg Bertambah Saat Pleno di PPK, Ketua DPC: Ada Upaya Menjatuhkan PAN

  • Oleh Naco
  • 01 Mei 2019 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Mentaya Hulu, Ahmad Sastra angkat bicara terkait dugaan penggelembungan suara caleg mereka di wilayah daerah pemilihan V saat pleno rekapitulasi di PPK Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur. Bahkan mereka mengaku terkejut atas masalah itu.

Secara tegas dia mengatakan dugaan itu bukan perbuatan pihaknya, namun ulah oknum yang tidak bertanggungjawab hingga merugikan partai dan ada upaya untuk menjatuhkan PAN.

"Partai tidak tahu dan kami juga terkejut," kata Ahmad Sastra, Rabu, 1 Mei 2019. Dia menceritakan kejadian itu berawal saat rekapitulasi berjalan dan ditemukan di 2 TPS di Desa Kapuk, Kecamatan Mentaya Hulu.

Ada yang mengubah C plano atau teli dengan menambah suara caleg PAN. Dari koordinasi Panwaslu kecamatan dengan Bawaslu dan PPK dengan KPU mereka akhirnya menyepakati suara itu dihilangkan hingga berlanjut ke TPS Desa Kuala Kuayan terdapat 8 TPS dan Desa Tanjung Jariangau terdapat 4 TPS ditemukan permaslahan yang sama.

"Dengan pola yang sama dihapus lagi tidak masuk ke partai dan dihilangkan kemudian kita paraf bersama," ucapnya.

Keributan sempat terjadi saat yang terakhir ditemukan di TPS Desa Tanjung Jariangau. Sebagai contoh dibuka 1 kotak suara dan tidak ada suara sisa yang tercoblos.

"Kalau kita berpikir suara sisa itu paling banyak 15. Namun ini ditambah sampai 40 suara bagaimana pola pikirnya. Melakukan ini bukan orang yang profesional, diubah di C plano sementara dengan jumlah di bawah tidak diubah. Yang jelas kami tidak ada menyuruhnya," tegasnya.

Dia menegaskan semua ini berubah saat ditingkat kecamatan. Namun siapa yang berbuat mereka tidak mau berspekulasi, tapi semua masalah ini mereka serahkan ke Panwaslu Kecamatan.

Bahkan secara tegas disebutkan ada niat tidak baik untuk menjatuhkan PAN, apalagi pada perhelatan Pilkada 2021 PAN merupakan partai yang bakal mengusung kader terbaiknya maju menjadi Bupati Kotim. (NACO/B-6)

Berita Terbaru