Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tongkang Bermuatan Batubara Tidak Diizinkan Lintasi Jembatan Kalahien Sampai Fender Diperbaiki

  • Oleh Uriutu
  • 01 Mei 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Perhubungan Barito Selatan tidak mengizinkan tongkang bermuatan batubara melintasi jembatan Kalahien sampai fender atau pengaman jembatan yang tertabrak itu diperbaiki. 

"Kita tidak mengizinkan  tongkang bermuatan batubara  melintasi jembatan Kalahien sebelum fender diperbaiki,” tandas Kepala Dishub Barsel, Daud Danda kepada Borneonews, Rabu, 1  Mei 2019.

Selain itu, tegas  dia, sebelum masalah ini benar-benar selesai kapten tugboat beserta awaknya dan tongkang penabrak fender tidak boleh bergerak dulu. 

Ia membeberkan, fender jembatan tersebut ditabrak  oleh tongkang PT IJTS 3006 bermuatan sekitar 7.500 metrik ton batu bara milik PT Aswin Bara Barunang. 

Di mana sesuai aturan yang berlaku dalam unit formalnya bahwa yang bertanggungjawab adalah pemilik tongkang yakni PT Aswin Bara Barunang.

Adapun untuk perhitungan terkait berapa dana yang dibutuhkan untuk perbaikan jembatan, menunggu pihak Dinas PU Provinsi Kalteng mengingat jembatan tersebut kewenangan provinsi.

"Setelah itu kita buat berita acaranya. Penyelesaian lebih cepat lebih bagus karena kapten kapal pun sudah diperiksa pihak kepolisian," beber dia.

Menurutnya, pihaknya  akan membuat atis untuk safety jembatan agar ketika ada tongkang yang melintas bisa dipandu dengan baik.  

Hal tersebut bertujuan untuk menyelamatkan jembatan dari tabrakan tongkang dan kedua adalah untuk pemasukan bagi daerah Barsel.

"Untuk jasa pandu  nanti kita akan gunakan perusda dan bekerjasama dengan provinsi," jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru