Pemkab Barito Utara Telah Seleksi Calon Kepala Sekolah

  • Oleh Ramadani
  • 02 Mei 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam hal ini dinas pendidikan sesuai kewenangannya, telah melaksanakan seleksi dan diklat calon kepala sekolah berdasarkan proyeksi kebutuhan dua tahun yang akan datang. 

"Calon kepala sekolah hasil diklat tersebut mulai saat ini secara bertahap diangkat menjadi kepala sekolah,” kata Bupati Barito Utara Nadalsyah, Kamis, 2 Mei 2019 di arena Terbuka Tiara Batara Muara Teweh. 

Proses pengangkatan dan pemberhentian kepala sekolah ini, jelas Nadalsyah,  telah dikaji secara mendalam oleh tim Baperjakat, dilakukan secara transparan, berdasarkan mekanisme yang berlaku dalam Permendikbud No 6/2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Nadalsyah juga mengingatkan kembali kepada kepala sekolah tentang pesan dari Ki Hajar Dewantara, dengan semboyannya “Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wurihandayani”.  

Ing Ngarsa Sung Tulada, yang mengandung arti sebagai seorang pemimpin harus bisa memberi teladan atau contoh tindakan yang baik bagi guru, siswa maupun tenaga kependidikan. 

Sementara, Ing Madya Mangun Karsa, lanjut dia,  artinya sebagai seorang pemimpin harus bisa menciptakan prakarsa dan ide untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya. “Sedangkan Tut Wuri Handayani adalah sebagai seorang pemimpin harus bisa memberikan dorongan dan arahan kepada guru, siswa maupun tenaga kependidikan untuk berprestasi lebih baik,” jelasnya.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah juga menekankan agar dalam melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah, agar dapat lebih transparan dan akuntabel dalam mengelola dana BOS pusat, dana BOS daerah maupun dana Program Indonesia Pintar (PIP) serta dana  rutin lainnya.

“Bekerja samalah dengan guru-guru sebagai tim yang solid, meningkatkan disiplin  dan menciptakan lingkungan sekolah yang rapi bersih dan asri,” imbuhnya.

Kepada seluruh kepala sekolah yang dilantik pada hari ini, Bupati barito Utara  menginstruksikan agar segera secepatnya melaksanakan serah terima jabatan untuk menjamin seluruh proses belajar mengajar berjalan dengan baik di sekolahnya masing-masing. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru