Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Paring Lahung Wakili Barito Utara Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi

  • Oleh Ramadani
  • 02 Mei 2019 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Desa Paring Lahung, Kecamatan Montallat mewakili Kabupaten Barito Utara dalam mengikuti penilaian lomba desa Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara, Hj Sri Hidayati Nadalsyah, didampingi Wakil Ketua I DPRD, Hj. Merry Rukaini dan Kepala Dinas SosPMD, Eveready Noor menyambut rombongan tim penilai dari Provinsi Kalimantan Tengah pada acara penilaian lomba desadi Desa Paring Lahung.

Kepala DinsosPMD, Eveready Noor, Kamis, 2 Mei 2019, mengatakan lomba desa kategori daerah yang baru pertama kali diadakan ini, bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan desa, efektifitas kebijakan dan program-program pembangunan yang telah dilaksanakan. 

Hasil dari pembangunan dan pemberdayaan dapat dievaluasi secara komprehensif, integral dan terkoordinasi sehingga dapat diketahui program dan kemajuan masyarakat sebagai dampak positif perkembangan yang diukur secara rutin dan berkala. 

“Adapun tim penilai berasal dari Dinas PMD Provinsi Kalteng, Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng,” kata Eveready Noor.

Disampaikan Eveready, indikator penilaian lomba seperti yang disampaikan oleh Ketua Tim Penilai, Ambar Saraswati saat membacakan sambutan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kalteng terbagi menjadi tiga yakni pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

"Sumber data untuk mengukur sejauh mana kemajuan dari indikator tadi diperoleh berdasarkan data profil desa 2017 dan 2018 yang harus diisi secara benar dan akurat, sehingga dapat diketahui seberapa jauh tingkat perkembangan dalam kurun waktu satu tahun," ucapnya.

Eveready Noor menyampaikan penilaian Lomba Desa Kategori Daerah selain sebagai evaluasi perkembangan pembangunan desa tetapi sebagai motivasi.  "Tidak hanya pemerintah desa tetapi juga masyarakatnya untuk dapat mendorong dan menumbuhkan semangat membangun dan berbuat baik bagi desa," harap Eveready Noor. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru