Dinas Pendidikan Kapuas Bersama PSSI Gelar Gala Siswa Indonesia Seleksi Pemain

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Mei 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pendidikan Kapuas bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI setempat menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan turnamen sepak bola untuk menyeleksi pemain-pemain mewakili Kabupaten tersebut di tingkat provinsi nanti.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Ilham Anwar yang diwakili Kasi Pembinaan SMP Sogian Nor bertempat di stadion panunjung tarung pada Kamis, 2 Mei 2019 sore.

"Gala siswa tersebut merupakan seleksi tingkat Kabupaten Kapuas untuk memilih pemain berbakat untuk maju ke GSI tingkat Provinsi Kalteng nanti," ucap Sogian kepada wartawan usai pembukaan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan GSI ini merupakan wadah bagi siswa SMP untuk mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter atau PPK melalui olahraga yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI dan PSSI.

"GSI ini mulai dari seleksi tingkat Kecamatan yang mana pemain dan official teregistrasi online pada Kemdikbud, hingga hari ini seleksi tingkat kabupaten," katanya.

Sogian menceritakan bahwa pada tahun 2018 lalu tim GSI Kabupaten Kapuas berhasil menjadi runner up tingkat provinsi, yang mana pada saat itu Kabupaten Kotawaringin Timur berhasil menjadi juaranya.

"Tapi ada empat pemain asal Kapuas yang terseleksi ke tingkat Nasional tahun lalu," tuturnya. 

Adapun dalam pertandingan perdana, hari ini mempertemukan Tim GSI Kecamatan Selat melawan Tim GSI Kapuas Murung. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru