Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kapuas Tindaklanjuti Kasus Keracunan di Desa Lamunti

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Mei 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas menindaklanjuti laporan dugaan keracunan makanan yang diderita puluhan warga di Desa Lamunti Permai (A1), Kecamatan Mantangai.

"Tim Dinkes Kapuas dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) sudah ke sana menindaklanjuti dan memantau langsung kondisi di sana. Kalau tidak salah, kemarin korban mulai mengalami gejala keracunan," ucap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kapuas Tri Setia Utami, Kamis, 2 Mei 2019. 

Pihaknya juga akan menyelidiki epidemiologi dan penanganan bersama dengan Puskesmas Desa Lamunti, guna memastikan penyebab puluhan korban yang mengalami gejala keracunan.

"Penyebab pasti belum diketahui. Datanya sampai sekarang sekitar 50 yang berobat jalan dan di rawat di Puskesdes Lamunti," katanya.

Untuk kondisi saat ini dia menyebutkan sementara ini para korban masih ditangani di desa setempat dan belum ada yang dirujuk ke RSUD Kapuas, karena tergolong ringan saja.

"Sementara belum ada (yang dirujuk ke Kapias). Mudah-mudahan tidak ada, artinya bisa di atasi," tukasnya. 

Sebelumnya, diketahui puluhan warga mengalami gejala pusing, mual dan muntah-muntah diduga keracunan hingga harus mendapatkan perawatan medis setelah makan-makanan dalam acara pesta ulang tahun di rumah Encek Kurniawan di Desa Lamunti Permai (A1) Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas.

Para korban yang kurang lebih sebanyak 40 orang tersebut mulai merasakan gejala-gejala tersebut sejak Rabu, 1 Mei 2019 hingga hari ini, Kamis 2 Mei 2019 dimana mereka berdatangan ke Puskesdes Lamunti Permai untuk mendapatkan perawatan medis. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru