Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Telah Ambil Sampel Makanan yang Sebabkan Puluhan Warga Keracunan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Mei 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Petugas dari Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Kapuas telah mengambil sampel sisa makanan, muntahan dan faeces yang mengakibatkan puluhan warga Desa Lamunti Permai, Kecamatan Mantangai keracunan.

Kini, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan atau BBTKL Banjarbaru untuk mengetahui kandungan yang terdapat di dalamnya. Hal itu guna memastikan penyebab keracunan puluhan warga yang diduga keracunan setelah menyantap hidangan di acara pesta ulang tahun salah satu warga setempat.

"Untuk sampel-sampel tersebut sudah dibawa ke BBTKL Banjarbaru untuk dicek kandungannya, kami masih tunggu hasilnya," ucap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas Tri Setia Utami kepada wartawan pada Jumat, 3 Mei 2019.

Lebih lanjut, dari data yang diterima pihaknya total korban yang diduga mengalami keracunan berjumlah 69 orang dengan rincian rawat jalan 37 orang dan rawat inap 32 orang.

"Untuk sisanya ada 7 orang yang dirujuk ke RSUD Kapuas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dimana 4 orang atas indikasi dan 3 orang mengikuti keluarga sekalian berobat," katanya.

Tri juga menjelaskan, ketujuh korban yang dirujuk ke RSUD Kapuas tersebut perlu ditangani karena gejalanya masih dialami. "Karena demam masih belum turun, dan nyeri perut berulang. Sehingga perlu dirawat, mudah-mudahan segera berangsur membaik," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru