Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Minta Pemkab Kapuas Maksimalkan Pendapatan dari Sektor Walet

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Mei 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas Suwanto E Sumen meminta kepada Pemkab Kapuas melalui instansi terkaitnya dapat memaksimalkan pendapatan asli daerah dari sektor sarang burung walet.

Menurut Politisi dari Partai Golkar ini dalam memaksimalkan pendapatan tersebut salah satunya dengan cara terus memacu penerimaan baik berupa pajak maupun retribusi daerah.

"Kami mengharapkan, instansi terkait pemerintah daerah dapat terus memacu guna mencapai target pendapatan daerah dari walet yang sudah ditentukan," ucap Suwanto kepada wartawan pada Jumat, 3 Mei 2019.

Lebih lanjut dengan maksimalnya pajak usaha budidaya sarang burung walet, akan meningkatkan pendapatan, mengingat keberadaan bangunan sarang walet di Kapuas cukup menjamur. 

"Karena selama inikan yang kami dengung-dengungkan itu adalah pajak sarang burung walet, makanya pendapatan dari usaha ini harus dikejar karena potensinya sangat besar dan berkembang," katanya.

Selain itu, dia mengaku kurang mengetahui sejauh mana sudah upaya pemerintah daerah dalam memberikan sosialisasi peraturan daerah (perda) yang baru tentang sarang burung walet kepada masyarakat di daerah setempat. 

"Karena kalau kita melihat masyarakat itu apa adanya membangun sarang walet, ada yang di atas rumah dan samping rumah, padahal itu ada ketentuannya," ucapnya.

Untuk itulah, dirinya mengharapkan semua pihak dapat bersama-sama berkontribusi dalam membangun daerah. "Harapannya gar Kabupaten Kapuas semakin maju lagi," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru