Masih Banyak Warga Kotawaringin Timur Berkebun Kelapa Sawiu 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Mei 2019 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum stabil, namun masih banyak masyarakat yang menggunakan lahannya untuk ditanami kelapa sawit. 

"Hingga saat ini masih ada warga yang membuka lahannya untuk ditanami kelapa sawit, meski harganya belum stabil," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim, Halikinnor, Jumat, 3 Mei 2019. 

Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya kebun kelapa sawit yang bermunculan hampir di setiap kecamatan. Bahkan daerah selatan yang sebelumnya dicanangkan pemerintah untuk lumbung pangan, kini sudah ada warga yang beralih ke kebun sawit. 

"Saya lihat di daerah selatan terutama di Kecamatan Teluk Sampit, yang kami peruntukjan untuk penghasil pangan, malah ada yang menanam sawit," kata Halikinnor. 

Hal itu menunjukkan bahwa kelapa sawit merupakan salah satu perkebunan yang menjadi primadona di mata masyarakat. Meski perkebunan sawit sendiri memiliki dampak positif dan negatif.

Tapi dia yakin, perkebunan kelapa sawit tersebut bisa membawa dampak positif bagi perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru