Pengamat: Hasil Pemilu 2019 di Kotim Mengejutkan, Ini Arus Politik Tidak Terduga

  • Oleh Naco
  • 04 Mei 2019 - 12:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemilihan legislatif (pileg) 2019 di Kabupaten Kotawaringin Timur tahun ini banyak yang menarik perhatian dan mengejutkan banyak pihak. Pasalnya banyak yang tidak menduga itu terjadi.

Pengamat Hukum dan Politik di Kotim, Agung Adisetiyono mengatakan tidak terduganya perubahan arus politik ini mulai dari tumbangnya kalangan birokrat.

Pasalnya tidak ada satupun yang duduk. Tumbangnya PPP dan tidak mampu bersaingnya partai baru, hingga partai yang membuat kejutan.

"Seperti birokrat dan PPP tentu banyak tidak menduga itu terjadi. Setidaknya ada birokrat yang duduk karena kami melihat banyak yang ikut. Begitu juga dengan PPP setidaknya bisa mempertahankan kursinya, namun ini justru sebaliknya," kata pria berlatar belakang advokat itu, Sabtu, 4 Mei 2019.

Sementara itu PAN Kotim yang periode dulu mampu mendapatkan 2 kursi di bawah pimpinan M Rudini Darwan Ali, tapi kali ini mampu mendapatkan 6 kursi dan bakal membawanya sebagai unsur pimpinan DPRD Kotim.

Dapil I mereka dapat 2 kursi dan Dapil II-V masing-masing 1 kursi. Begitu juga dengan Nasdem di bawah pimpinan Ansen Tue mampu menambah kursi mereka dari 2 menjadi 4 kursi.

Sementara partai lain seperti Garuda, Berkarya, PSI, PBB, belum mampu bersaing. Sementara Perindo hanya mampu mendapatkan 1 kursi di Dapil V seperti halnya Hanura yang hanya tersisa 1 kursi dari sebelumnya 2 kursi bersama PKS.

Sedangkan PDIP tetap mampu mempertahankan kursi pimpinan. Meski di Dapil V mereka kehilangan 1 kursi dari 2 kursi dan Dapil IV berkurang 1 kursi dari 3 kursi dan mereka menambah 1 kursi di Dapil II menjadi 2 kursi.

Begitu juga dengan Golkar mereka tetap mampu mempertahankan jabatan wakil ketua mereka. Sementara wakil ketua II yang kini dipegang oleh Demokrat nampaknya bakal tergeser oleh PAN.

Demokrat hanya mampu mendapatkan masing-masing 1 kursi di tiap Dapil sama halnya dengan Gerindra.

Berita Terbaru