Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Sukamara Pertanyakan Kepedulian TP GCM Terhadap Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Mei 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pihak DRPD Kabupaten Sukamara mempertanyakan kepedulian PT Graha Cakra Mulia (GCM) terhadap masyarakat sekitar, mengingat adanya beberapa kasus yang sempat terjadi antara perusahaan dan warga.

"Informasi yang kami dapatkan bahwa TP GCM yang ada d iwilayah Desa Semantuan kepeduliannya patut kita pertanyakan," ucap Anggota DPRD Sukamara, Karyanto, Sabtu, 4 Mei 2019.

Menurut H Karyanto, beberapa waktu lalu, jalan di Dusun Kepuau arah perkebunan warga dipagar oleh perusahaan, namun masalah tersebut sudah terselesaikan berkat adanya arahan dari bupati dan proses mediasi.

"Yang masih menjadi permasalah sekarang adalah digalinya arit-parit gajian, sedangkan di dalamnya banyak sekali kebun milik warga dan sekarang mereka sudah tidak bisa lagi menggarapnya kebun miliknya," bebernya.

Selain itu pihak DPRD Sukamara juga memprotes sikap perusahan yang mempersulit warga untuk masuk dan bekerja di perusahaan tersebut.

Karyanto berharap agar ke depan perusahaan perkebunan dapat lebih memperhatikan masyarakat sekitar, sehingga hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat bisa terus berjalan baik.

"Perlu kami sampaikan bahwa perusahaan yang ada diwilayah Kabupaten Sukamara ini, terutama sekali perusahaan perkebunan kelapa sawit agar peduli dengan masyarakat sekitarnya," harapnya.

Selain masyarakat, perusahaan juga dituntut untuk lebih memperhatikan para tenaga kerja, serta bisa menyalurkan CSR agar manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Sebelumnya Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengharapkan agar ke depannya perusahaan yang ada di Bumi Gawi Brinjam bisa lebih aktif dalam menyalurkan dana CSR untuk membantun pemerintah terhadap program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, baik dari segi pembuatan jamban maupun program lainnya.

"Harapannya kedepan, CSR juga lebih aktif mengenai jamban, kesehatan, perusahaan harus ikut membantu Pemerintah Kabupaten Sukamara," ucapnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru