Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Investor Ajukan Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Mei 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur saat ini menerima permohonan pengajuan pembangunan pabrik kelapa sawit. Setidaknya ada tiga permohonan dari investor yang masuk, dan masih dalam proses. 

"Ada tiga permohonan yang sudah mengajukan pabrik kelapa sawit, dan kamipun berupaya untuk lebih cepat dalam memprosesnya," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, kepada Borneonews.co.id, Sabtu, 4 Mei 2019. 

Adanya permohonan pembangunan pabrik tersebut langsung disikapi pemerintah daerah dengan segera melancarkan prosesnya.

Hal itu dilakukan demi kepentingan masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit, sehingga dapat menampung hasil panen mereka. 

Apalagi saat ini di Kotim dinilai masih membutuhkan banyak pabrik kelapa sawit agar bisa menampung hasil panen kebun rakyat. Sehingga harganyapun tetap stabil. 

"Memang saat ini sudah ada 46 perusahaan besar swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit. Namun saat mereka sedang dalam keadaan panen, maka masyarakat cukup sulit menjual, dan kalaupun mau ditampung, harganya akan lebih murah. Sehingga hal itulah menjadi perhatian kami," katanya. 

Sedangkan saat ini minat masyarakat untuk berkebun kelapa sawit cukup tinggi. Bahkan di Kotim sendiri luas perkebunan kelapa sawit rakyat sekitar 24.894,46 hektare. Dengan produksi CPO sekitar 28.739,11 ton. 

Dengan jumlah tersebut maka dianggap cukup tinggi. Sehingga sangat dibutuhkan banyak pabrik agar hasil panen perkebunan rakyat tersebut bisa ditampung, dengan harga yang normal. 

"Mudah-mudahan hal itu bisa tetap dilakukan, sehingga pelaku perkebunan kelapa sawit milik rakyat bisa terus meningkatkan perekonomian mereka," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru